Senin, 17 November 2014

Lasagna



Apa sih sebenarnya lasagna itu????.....Lasagna atau Lasagne adalah pasta yang dipanggang di oven dan merupakan makanan tradisional Italia. Lasagna sendiri secara harfiah adalah lasagne yang berisikan daging. Lasagna sendiri dapat diisi dengan banyak isian lainnya seperti daging, sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya sesuai selera.Begitu definisi yang saya lihat dari wikipedia.
 
Lasagna ....salah satu pasta yang lagi disukai kedua anak saya; kak Awa dan dik Azka. Awalnya, ketika kak Awa beli Lasagna sama bu Nina waktu ada acara pengajian di Masjid Ar rahmah. Oya, sedikit cerita tentang bu Nina. Bu Nina adalah salah satu temen juga di komplek Sepinggan Pratama yang memang sudah lama jualan lasagna terkenal dengan Nina Lasagna nya . 

Back to my sons, kalo si kakak jangan tanya, dia memang selalu penasaran dengan hal-hal baru apaun itu, apalagi makanan, heee...makanya tubuhnya semakin subur aja. Sementara dik azka, kok yao tumben doyan makanan yang western, coz biasanya adik ini suka dengan selera tradisonal or locally indonesiaah...Jadi, ketika kedua anak saya doyan daripada beli terus, mending bunda bikin sendiri ajaah ya, Nak, heeeee.....
Awalnya saya membuat lasagna ini dengan menggunakan lembaran pasta yang memang khusus untuk lasagna. Alhamdulillah satu resep langsung ludesss.....Dik Azka, alhamdulillah saya siapin sepotong langsung abiss tanpa protes, bahkan minta nambah, but si kakak sempet protes "kok keras ya, bunda??...", ndak seperti yang biasa kita beli.....nahlooh.....kenapa ya???....perasaan saya sudah merebus ntu pasta sesuai petunjuk bnahkan lebih lama agar lebih lembut (menurutku)

 Ada apa ya????.....insting baking saya akhirnya berusaha mencari tahu,sebenarnya Lasagna a la bu Nina pakai pasta apa ya????, 'coz, saya muter2 Balikpapan, merk pasta yang ada ya itu itu juga. Akhirnya untuk mengobati rasa penasaran saya, saya beli lagi lasagna buatan bu Nina dan saya memakannya perlahan, terutama saya korek korek bagian lembaran kulit (pasta)nya...ternyata, dugaan saya sepertinya benar, ....bu Nina memakai kulit/ pasta buatan sendiri, karena bisa dilihat dari ketebalan kulit yang tidak seragam dan ada "noda" penggorengan teflon yang berbintik (seperti ketika saya membuat kulit untuk risoles karena apinya terlalu besar dan minyaknya sedikit berlebih). Okelah, nanti kalo pas ada waktu mau saya tanya langsung ke bu Nina nya. Alhamdulillah kesempatan itupun datang, pas ada acara ifthor Muharram bersama di masjid, saya pas duduk bersebelahan dengan bu Nina yang wajahnya selalu terlihat tersenyummmm. Bertanyalah saya, apakah "dugaan" saya selama ini benar kalo kulit/ pasta yang bu Nina pakai adalah sejenis kulit untuk risoles. Bu Nina dengan senang hati berbagi ilmu lasagna nya , dannnn ternyata BENARRRR dugaan saya!!!!!...kulit/ pastanya home made - seperti kulit untuk risoles.
 Pantes ajaaa, kalau Lasagna a la bu Nina ini "menurutku" lebih terasa rasa Indonesianya karena kulitnya home made (menggunakan sejenis kulit untuk risoles - bukan pasta laiknya Lasagna), so...lebih mudah untuk disendok dan rasanya pun lembut.  Makasih ya bu Nina untuk sharing ilmunya

Saya memang ndak nanya secaradetail bagaimana resep dan cara pembuatannya, karena kk dan adik sudah cocok saja dengan rasa Lasagna bikinan bunda...yang penting bagi saya, saya bisa menjawab pertanyaan kakak kenapa tekstur lasagna a la bunda nya beda dengan yang biasa dibeli.

Berikut adalah resep Lasagna yang saya pakai, untuk kulit home made nya, next insyaallah saya sharing lagi ya. Resepnya saya adaptasi dari sajian sedap.
 
Resep LasagnaSource ; Sajian Sedap

Bahan-bahan/bumbu-bumbu :
6 lembar lasagna rebus

Bahan Tumisan:
2 siung bawang putih cincang halus
1/2 buah bawang bombay cincang halus
250 gram daging giling
2 buah tomat rebus, buang biji dan kulitnya, potong dadu
5 sendok makan tomato pasta
1 1/2 sendok teh garam
3/4 sendok teh merica hitam bubuk
250 ml susu cair
1 sendok teh oregano
1/2 sendok teh basil
1 sendok makan minyak zaitun untuk menumis

Bahan Saus Keju:
2 sendok makan margarin
2 sendok makan tepung terigu protein sedang
250 ml susu cair
100 gram keju cheddar parut
1/8 sendok teh garam
1/4 sendok teh merica bubuk

Cara Pengolahan :
  1. Tumisan, tumis bawang putih dan bawang bombay sampai harum. Masukkan daging giling. Aduk sampai berubah warna.
  2. Tambahkan tomat dan tomato pasta. Aduk rata.
  3. Masukkan susu cair, garam, dan merica bubuk. Masak sampai matang.
  4. Tambahkan oregano dan basil. Aduk rata. Angkat.
  5. Saus keju, panaskan margarin. Tambahkan tepung terigu. Aduk sampai berbutir. Tuang susu cair sedikit-sedikit sambil diaduk sampai licin. Masukkan keju cheddar parut, garam, dan merica bubuk. Masak sampai meletup-letup.
  6. Tata lasagna didasar pinggan tahan panas yang dioles margarin. Beri tumisan. Tata lasagna. Beri tumisan. Tata lasagna. Beri tumisan. Lakukan sampai habis. Siram saus keju.
  7. Letakkan di loyang. Oven 50 menit dengan suhu 170 derajat Celsius sampai matang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar