Rabu, 17 Desember 2014

Sus Vla Vanila

Choux Pastry, atau pate Choux (diucapkan: [pɑt a ʃu]) atau di Indonesia lebih dikenal sebagai kue sus  adalah adonan kue lembut dengan rongga berisi fla (vla), custard, atau daging. Adonan kue ini hanya berisi mentega, air, tepung, dan telur, seperti puding Yorkshire atau David Eyre pancake, dan tidak menggunakan bahan pengembang, hanya kandungan air yang tinggi untuk menciptakan uap selama memasak untuk mengembangkan kue pastry.

Sus vla vanila ini adalah salah satu kue manis yang paling sering direquest customer Klikue untuk isian kue nampan. Kue sus vanila ini pula yang  direquest mbak Fitri untuk salah satu isian kue nampan yang ia pesan. 'Coz mbak Fitri ini pernah merasakan sus vanila buatan saya yang saya bawa sewaktu ada kajian rutin bulanan di TK. Jadilah selesai kajian, mbak Fitri langsung mendekati saya dan berniat memesannya nanti pas ada acara arisan di rumahnya.



Untuk pembuatan sus, saya setia dengan resepnya Hadi Tuwendi sementara untuk tips pembuatan kue sus sudah pernah saya share di sini ya Tips Membuat Kue Sus


Soes Vla Klasik (Hadi Tuwendi) Bahan Soes
Bahan A:
120 gr tepung terigu
110 gram mentega/ margarin
240 gr air
Bahan B:
18o gr telur ayam (berat tanpa kulit ya....)
1/2 sdt vanilla esens
1 gr baking powder

 Cara Membuat:

  • Campurkan semua bahan kulit A (kecuali tepung) hingga air mendidih. Matikan api dan masukkan tepung terigu. Setelah diaduk rata, nyalakan api kembali, masak sampai matang. Kocok dengan mikser medium speed sampai hangat kuku.
  • Masukkan bahan B, kocok dengan whisk hingga adonan licin dan mengkilap.
  • Cetak/semprot sesuai selera. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar